(Kisah Lama_2014) Nyeri Pinggang itu adalah HNP _bag.2

Setelah sebelumnya hasil MRI menyatakan tampak Bulging Disc L4-5 L5-S1, Dokter mengatakan kondisi saya masih termasuk ringan, dalam artian banyak yang mengalami.

ow..ow..., yang sakit gini dikatakan ringan, lalu bagaimana yang kondisinya lebih parah ya?

Yang jelas apapun dan bagaimanapun kondisinya, saya gak mau nyerah.  Maksudnya mau serius diatasi.  Bukan masalah berat menurut dokter, tapi cukup menghambat keberlangsungan kegiatan harian saya.  Bayangkan saja lama duduk sakit, lama jalan sakit, ga ngapa-ngapain aja sakit.  dari pinggang, ekor sampai kaki sebelah berasa hmm....

Penasaran kan? LBP (low Back PAin) atau sakit tulang belakang akibat Disc bulging mengapa bisa terjadi?

oke sebelumnya kita mengenal dulu  
What is disc bulg at L4 L5 and L5 S1?
Menurut WIKI :
Bulging discs are fairly common in both young adults and older people. They are not cause for panic. In fact, abnormalities that show up on MRIs, such as bulging or protruding discs, are seen at high rates in patients both with and without back pain.   Most likely, some discs begin to bulge as a part of both the aging process, and the degeneration process of the intervertebral disc. A bulging disc is not necessarily a sign that anything serious is happening to your spine. A bulging disc becomes important when it bulges enough to cause narrowing of the spinal canal. If there are bone spurs present on the facet joints behind the bulging disc, the combination may cause narrowing of the spinal canal in that area. This is sometimes referred to as segmental spinal stenosis.

Intinya tonjolan itu dapat terjadi pada siapa saja baik dengan keluhan sakit tulang belakang ataupun tidak.  Jadi jangan panik dulu.  Nah loo.., kalo tidak sakit ya, ga pa2.. kalo sakit lantas bagaimana? dan kenapa?

Naah, sekarang kita membahas mengapa ada yang sakit, dan ada yang gak...

”Disc bulging merupakan suatu kondisi dimana terjadi penonjolan diskus intervertebralis akibat proses degenerasi dan beban yang terus menerus dan juga karena injuri (rotasi dan membungkuk) sehingga terjadi penekanan pada annulus fibrosus. Akibatnya posisi nukleus bergeser ke arah posterior atau posterolateral, yang selanjutnya akan menekan ligament longitudinal posterior yang sangat sensitif karena banyak mengandung saraf-saraf afferen tipe Ad dan C, atau akan menekan foramen intervertebralis yang nantinya akan menyebabkan inflamasi dan terjadi nyeri radiks”.   

Disc Bulging banyak terjadi pada vertebra lumbal, biasanya mengenai segment L4-L5 dan L5-S1 dengan gejala yang dirasakan berupa nyeri pada daerah lumbal, akibatnya akan menimbulkan gangguan gerak dan fungsi lumbal.    Disc Bulging disebabkan karena faktor degenerasi pada diskus intervertebralis, dapat disebabkan oleh kelainan postural dan trauma umunya berupa mengangkat barang berat dalam posisi membungkuk atau trauma yang langsung pada pinggang, misalnya jatuh.

Jadi lagi jangan anggap remeh sakit pinggang yang dirasakan terus menerus dan dapat mengganggu kegiatan anda.  Saya sarankan segera periksakan ke dokter kepercayaan anda.  Namun yang belum kejadian, jangan sampe yaa kejadian... gak usah deh sok coba-coba mau ngerasain dulu.  Karena menurut dokter kalo sudah mengalami sakit lalu pulih bisa saja kambuh kembali.  Dan Gerak sudah pastinya dibatasi agar meminimalisasi nyeri terulang atau menjadi semakin parah.  Lantas kalo pulih itu bagaimana? mungkin tidak 100% seperti semula, tapi bisa jauh lebih baikan itu sudah merupakan anugrah terindah yang pernah dimiliki (kata lagunya SO7, hehee...) Mengingat kejadiannya bisa karena mengangkat barang berat, maka yang merasa kondisinya masih baik.. Pahami posisi tubuh yang baik saat beraktivitas. SAYANGI TUBUH ANDA!


Jadi lagi..., bagaimana tips mengangkat barang yang aman bagi tubuh anda?Bagaimana juga postur tubuh yang baik saat beraktivitas? postur tubuh bagaimana yang dapat menyebabkan LBP? yuuk simak terus ;)

Baca juga :
Nyeri Pinggang itu HNP bag. 1
Nyeri Pinggang itu HNP bag. 3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak Demam, Berapa Dosis Parasetamol yang Sebaiknya Diberikan?

DIY: Kaleng/Ember Cat Bekas Menjadi Kursi

Ketika Tayo Mengalahkan Emak-Emak