Separuh Kojo

Rasanya hingga malam, belum kutemukan ide tulisan apa yang akan toreh di blog ini *ciiee...puitis kalipun, uhuukkk...uhuuukkk...
Disaat hujan rintik menemani, rasanya mau angkat bendera putih tanda menyerah.  Sayang, bendera putih tidak ada di rumah.  Apakah lebih baik kuangkat bendera merah putih saja, mengingat sebentar lagi Indonesia menyambut hari ulang tahun kemerdekaan.  *eeaaa..

Sambil memandang komputer, sesekali menonton film, kemudian menatap bocah yang sudah terlelap, bolak-balik mendengar deru suara indah dari hembusan hidung-mulut suami, ternyata suara perutku terdengar lebih bergemuruh seiring malam semakin larut.  Kubuka pintu kulkas, memandang dari atas hingga bawah, dan Alhamdulillah, ternyata kue di dalam loyang masih tersisa separuh.  

Aku ingat hari ini teman Altair main ke rumah, dan bocah gantengku yang baik hati memberikan kue kepada teman-temannya.  Mereka makan kue bersama, sambil santai membicarakan banyak hal yang terjadi diantara mereka diselingi tawa kecil.

Kue yang tinggal separuh itu adalah si kojo.

Dokumen pribadi 

Separuh kojo di loyang cukup dapat mengganjal perut.  Rasanya yang manis dan lembut menggoyang lidahku.  Walaupun warnanya tidak seijo kojo yang biasa, yang penting nikmat dan sangat layak dinikmati.

Ahh..tidak pantas rasanya hanya memajang dan memperlihatkan gambar saja.  Tidak sanggup pula membagikan separuh kojo ini kepada banyak kalangan.  Lebih baik aku jadikan saja cerita di blog ini sekaligus memberikan resepnya.  Siapa tahu ada mau tahu dan pada akhirnya berminat untuk membuatnya. Eh tapi  sebelum kutulis bahan dan cara membuatnya, untuk informasi, kojo adalah kue khas palembang yang biasanya disajikan pada saat acara adat, selain enak pula disantap sebagai camilan sore hari.

Nah...,ini dia resepnya, cekidot ya!

Bahan:
8 butir telur
2 gelas gula
2 gelas terigu
garam sedikit
1 gelas santan kental
pasta pandan secukupnya
mentega

Cara Membuat:
- kocok 8 butir telur dengan gula, hingga gula larut dan agak mengembang
- Lalu masukkan terigu selang seling dengan santan.  Agar tepung tidak menggumpal
- Aduk dengan pasta pandan secukupnya
- Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan sedikit taburan terigu supaya kue tidak lengket ketika sudah jadi
- Panggang selama 45 menit di atas api sedang

Selamat mencoba, semoga berhasil ya^^

#ODOP
#bloggermuslikahindonesia

Komentar

  1. Kojo? Masya Allah aku baru tahu ada kue ini kak.. ^^
    Barusan googling, ini kue khas Palembang ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee..iya, ini kuenya palembang. jadi bukan pempek aja yang ada dipalembang, masih banyak makanan enak dari palembang. main yok aisyah ke palembang

      Hapus
  2. Waaaa resep bolu kojo... pengen praktek jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lanjut mbak, share2 juga ya ntr..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anak Demam, Berapa Dosis Parasetamol yang Sebaiknya Diberikan?

DIY: Kaleng/Ember Cat Bekas Menjadi Kursi

Ketika Tayo Mengalahkan Emak-Emak