Postingan

Prive Uri-Cran, Solusi Praktis untuk Anyang-Anyangan

Gambar
Beberapa percakapanku beberapa waktu lalu di whatsapp grup bersama teman-teman yang kebetulan pernah mengalami anyang-anyangan. “Rasanya sakit campur panas, trus ilang sendiri.Tiba-tiba datang dan tiba-tiba pergi...” “Eh, tapi ada juga anak tetangga kemaren, sebelum disuruh dokter sunat, dia kesakitan kalo pipis, trus badan panas.Pas disunat malah sembuh.” Tulis temanku yang lain menimpali. “Berasa pengen tidur di Kamar Mandi” kembali tulisan masuk dalam grup. “Anyang-anyangan biasanya perasaan pasien, tapi anyang-anyangan kalo medis belum tentu Infeksi Saluran Kemih, karena Infeksi Saluran Kemih adalah diagnosis penyakit setelah dilakukan pemeriksaan.” Ujar temanku lainnya yang kebetulan berprofesi sebagai dokter.
Anyang-Anyangan itu Apa sih?

Menurut informasi medis yang aku dapat dari temanku yang berprofesi dokter, anyang-anyangan disebut dengan Polakisuria yaitu suatu kondisi dimana kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500 ml karena lapisan mukosanya meradang sehingga pe…

Tumbuh-tumbuhlah anakku

Saat engkau tertidurKupandangi wajahmuMasih ingin kumendekapmuMasih ingin kumenciummuTak pernah kusadari
Waktu cepat berlaluKini engkau menjadi besarKini engkaulah harapanku
Tumbuh-tumbuhlah anakkuRaihlah cita-citamuJangan pernah engkau ragu, SayangDoaku selalu bersamamumembuat aman dihidupmuSelamanya
Lirik lagu dari divanya Indonesia, Vina Panduwinata yang berjudul anakku.  Berasa melted banget.  Sedikit sekali lirik lagunya, tapi dalem rasanya.  Disaat anak sedang tidur, bener-bener terasa kalo anak-anak itu semakin bertumbuh.  Saat beberapa waktu yang lalu, beberapa hari yang lalu, bulan, tahun mereka masih di dalam rahimku, hingga mereka lahir baru bisa menangis kencang, tengkurep, merangkak, berjalan, berlari, melompat, bicara sepatah dan pada akhirnya celotehan tanpa henti di sekitar kita, tangisan sesaat untuk meminta perhatian, hingga banyolan yang terlihat tak ada artinya namun membuat kita tergelak karena tertawanya yang renyah, akan berlalu dengan sendirinya.  Masa yang tidak …

Punya Abang dan Kakak itu Anugerah

Gambar
Beberapa orang mengatakan menjadi anak tunggal itu membahagiakan. Menjadikan lebih istimewa dan pusat perhatian. Apapun yang dimau akan diprioritaskan, tidak perlu menunggu giliran dan antrian bahkan bekasan.

Aku bukanlah anak tunggal yang bisa mendapatkan semua hal serba baru. Beberapa hal, bahkan dijaman itu sebuah buku cetak yang digunakan disekolah bisa berumur panjang. Baju sekolahpun benar-benar sama setiap tahunnya. Dengan kenyataan seperti itu, jangan heran untuk seorang anak sepertiku yang memiliki 2 saudara diatas dengan jarak usia tidak terpaut jauh akan menggunakan banyak barang 'bekasan' istimewa yang sdh pernah terpakai. Kaos yang kebesaran, rok yang mulai sempit di kakak dapat dipermak hingga muat di tubuhku. Setumpuk buku pelajaran yang mulai keriting disetiap lembarnya menjadi hak milik terakhirku, hingga mainan yang bisa digunakan setelah abang dan kakak sudah merasa bosan atau diberikan secara cuma-cuma untukku😉


Foto: dokumen pribadi
Kakak merupakan …

Left or Right Brain

Gambar
Sudah sejak lama perbedaan otak kiri dan otak kanan terkadang menimbulkan perdebatan.  Banyak hal menarik yang dapat dikulik dari perbedaan-perbedaan itu.  Dari perbedaan cara berpikir, kebiasaan hingga mengambil sebuah keputusan.  Biasanya kebanyakan anak-anak lebih dominan otak kanannya, namun ketika dewasa mulai beragam lebih cenderung dominan otak kanan, kiri atau justru bisa seimbang di tengah (walaupun masih kecil kemungkinannya).

Saya baru saja menemukan infographic dari onlinecollege.org yang membahas beberapa perbedaan dari otak kanan dan kiri.



Yuk kita coba telaah satu persatu ^^

1.  Berdasarkan ikhtisar:
Mirip dengan tampilan belahan otak, mereka benar-benar mengelola fungsi yang sangat berbeda, yang dikaitkan dengan karakteristik dan kemampuan yang berbeda seperti :
Kiri :Sering berorientasi pada tujuan dan terorganisasi dengan baik, berotak kiri adalah pemikir kritis dan jarang yang tidak memiliki sebuah pemikiran kanan: sedikit tidak terorganisir, tidak dapat diprediksi, …

Introvert atau Ekstrovert?

Gambar
Hari Selasa, 29 Agustus 2017, saya dan anak-anak ketemuan dengan teman yang pernah beberapa kali whatsapp an.  Kebetulan kami sama-sama tergabung dalam grup homeeducation.  Teman saya itu sedang berkunjung ke Palembang karena ada keperluan, di saat senggangnya itulah kami bisa ketemuan untuk pertama kalinya.  Yippiee! Setelah sekian lama, akhirnya yaah.. ^^

Sepertinya dari foto saja bisa terlihat bagaimana seorang ekstrovert dan introvert  (foto : dokumentasi pribadi)
Dalam beberapa kali percakapan kami di Whatsapp, kami sudah sering membahas karakter anak-anak kami.  Kebetulan usia anak kami seumuran, hanya berbeda beberapa hari.  Anak perempuannya yang manis dan kalem, menurut teman saya, anaknya seorang yang introvert, kebalikan dengan anak laki-laki saya berkarakter ekstrovert, tepatnya feeling ekstrovert.

Taraaa..., kami bertemu dan berbincang-bincang tentang beberapa hal.  Yup! bisa dikatakan perbedaan yang signifikan antara introvert dan ekstrovert.  Introvert lebih cenderung m…

Ketika Tayo Mengalahkan Emak-Emak

Gambar
Hai Tayo...hai Tayoo....!
Pernah dengar tentang si Tayo ini? Rasanya kebanyakan orang, khususnya emak-emak mesti kenal dengan si Tayo ini. Kalo sampe ga kenal, wiihhh...ya ga kenapa-kenapa juga. Tapi kalo ngerasa kenal, mesti karena sudah kalah bersaing sama si Tayo ini. *xixii
Koq bisa?
Naah...sebelum berpikir yang tidak-tidak, mari kita cari tahu dulu siapa Tayo ini.

Tayo adalah sebuah nama bus yang berwarna biru dengan karakter menyenangkan walaupun sesekali sedikit usil. Dia adalah yang ketiga tertua dari empat. Tayo merupakan salah satu tokoh dalam serial Tayo the Little Bus (Kkoma-beoseu Tayo) adalah serial animasi korea yang dibuat oleh Iconix Entertainment dan Educational Broadcasting.



Tayo tidak sendirian. Dia memiliki teman-temannya yaitu:
Rogi (Bus berwarna hijau) yang merupakan sahabatnya. Meskipun mereka berdua sering masuk ke perkelahian dengan satu sama lain, hehe... Rogi adalah bus yang Lucu dan sering sibuk sendiri. Dia juga memiliki minat dalam pekerjaan detek…

Menghilangkan Bau Rokok di Kamar Mandi

Gambar
Teringat postingan seorang teman di Facebook tentang aroma rokok yang mengganggu di kamar mandinya membuat saya ingin membagikan tips menghilangkan, atau paling tidak mengurangi aroma bau rokok, dan mungkin saja bisa untuk aroma tak sedap lainnya.

Memang tidak bisa dipungkiri, meskipun di rumah tidak ada yang merokok, namun dari semua tamu yang datang kerumah kita, diantaranya mungkin saja seorang perokok!Apalagi jika salah satu anggota keluarga kita adalah seorang perokok, dan bahkan ketika di kamar mandi menghabiskan waktu dengan merokok. *uupss..
Aroma urin dari seorang perokok biasanya khas, sama seperti jika mengkonsumsi jenis makanan beraroma tajam, aroma urin kita jadi ikut terpengaruh.



Sudah penasaran kan, kira2 apa saja yang bisa kita lakukan😉 cekidoot

1. Jangan ada lagi yang boleh merokok*boleh ga ya😁
2. Teteskan cuka beberapa tetes di handuk, lalu kibaskan
3. Taruh kopi dimangkok, letakkan di tempat tersembunyi/sudut ruangan
4. Taburkan baking soda di lantai dan luban…