Kenalan Yuk...!



Bismillahirohmanirohim,

Sedikit bingung menuliskan apa yang telah kami (aku dan anak bungsu saya) melakukan hal ini.  Kegiatan yang sudah beberapa kali kami lakukan, namun tidak bosan diulang hingga hari ini.

Ini adalah hari pertamaku menuliskan kisahnya di sini, namun sejujurnya sudah dilakukan dari beberapa hari lalu.  Kelalaian  menuliskan ceritanya dikarenakan beberapa hari ini, aku memiliki beberapa list pekerjaan yang memiliki tenggat waktu hampir bersamaan, sementara waktu rasanya terasa kurang, sehingga beberapa hari ini ketika sudah siap menuliskan, justru tertidur di depan komputer.  Daebak!

Baiklah tanpa membuang waktu, yang sejujurnya waktu sudah mulai mepet.  Maka aku ceritakan bagaimana kegiatan berkenalan dengan huruf adalah Tema kegiatan utama dengan banyak cabang kegiatan.

Targetnya adalah anak bungsu yang berumur 3 tahun.  Mengapa? Karena sampai hari ini,aku masih berproses mengamati kecenderungan gaya belajar apa yang sering dilakukan.

Kegiatan hari ini hanya menempelkan stiker berbentuk lingkaran yang disesuaikan dengan pola yang dibuat.  Pola yang dipilih adalah huruf A.  Sekaligus mengenalkan huruf, sekaligus melatih motorik halusnya, sekaligus melihat kemadiriannya menyelesaikan hingga tuntas apakah butuh support atau tidak, kegigihan menempelkan sesuai titik yang ditentukan, hingga mengamati sikap dan gaya belajarnyanya saat melakukan aktivitas tersebut.

pic: dokpri menempel dot sesuai pola


Dikarenakan kondisinya saat itu masih deman, maka kegiatan yang dipilih pun tidak membutuhkan aktivitas fisik yang banyak.  meskipun perlu konsentrasi yang cukup besar bagi seorang anak usia 3 tahun, Alhamdulillah kegiatan terlewati dengan baik.

Awalnya aku menggambar pola di kertas gambar dan menyiapkan sticker dot yang akan digunakan untuk menempel sesuai pola.  reaksinya adalah :

"Umi, apa itu?" Pertanyaan yang menuntut jawaban.  "Adek pegang, boleh?" Lanjutnya berbicara denganku.

"Boleh" akupun segera memberikan sticker dot yang diminta, sementara aku melanjutkan menuntaskan membuat pola, dia mengamati disebelah.  "Nah, selesai!" Ujarku

"Apa itu Umi?" Tanyanya lagi.  Lalu kemudian melanjutkan dengan perkataan, "Adek  tempel disana ya " Sambil jarinya menunjuk gambar huruf yang dibagian tengahnya ada lingkaran-lingkaran kecil seukuran dengan sticker dot yang dia masih pegang ditangannya. 

Yup!! bagian mengamati, artinya adek mulai memperhatikansejak gambar dibuat.  Bertanya langsung dan langsung bertindak, artinya auditory dan kinestetiknya sekaligus bergerak.  Semua dilakukan.  Aku belum bisa menentukan yang mana cenderung digunakan.  Semua masih dilakukan.

"Oke, perhatikan ya.  Adek nanti menempelkan..." Aku mencoba menjelaskan , namun terpotong dengan pernyataannya, "Adek tempel ini, kesini kan Umi? Iya... adek sudah tau."  Ujarnya sambil menunjukkan stickernya.  Hmm...., sepertinya da rasa tidak sabar untuk melakukan? mungkinkah ini artinya dominan kinestetik?

"Iyaa.., dah kerjakanlah" Kataku lagi.  Aku duduk diam disebelahnya saat mengerjakan.  Sengaja tidak kufoto takut menganggu konsentrasinya memisahkan label sticker dengan bagian lembar alasnya.  Tangannya terus bergerak, sesekali berbicara, "Biru, hmm..adek mau hijau ahh.., yang ini kuning..."  aahh...ternyata auditorynya memaksaku untuk mendengarkan apa yang dia katakan sesuai tidak dengan label sticker yang dipilihnya.  Konsentrasinya saat mengerjakan, cukup baik, meskipun suasana dirumah hanya kami berdua, namun suara radio yang aku hidupkan masih terdengar.

"Taraaa..lihat umi, selesai!" Ujarnya senang.  Akhirnya akupun mengambil fotonya dengan senyum bahagia diwajahnya!

"Waah! Adek membanggakan, berhasil selesai.  Pas letak stickernya di gambar." Aku memberikannya pujian atas apa yang dilakukan.  Yup!! pekerjaan sederhana dan tidak memakan waktu lama, namun cukup berarti untuk si kecil.

Visual, auditory, dan kinestetik.  lengkap semuanya.  dominan kinestetik adalah kesimpulan akhir yang aku pikirkan dalam kegiatan ini.  bagaimana dengan kegiatan selanjutnya?

Tetap ikuti ceritanya ya.. !


#harike1
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#kuliahBunSayIIP






*With LOVE,

@her.lyaa

Posting Komentar

0 Komentar