Ada Pagoda Dimana-Mana!

Pagoda ada dimana-mana! Sebuah kalimat yang benar-benar ingin saya katakan kepada kalian! Ya, saya tahu kemungkinan besar kalian tahu bahwa pagoda dapat ditemukan dibeberapa tempat.  Tapi bukan pagoda itu saja yang saya maksud.  Semoga kalimat membingungkan di awal paragraph ini memberikan rasa penasaran buat kamu menyelesaikan membaca tulisan saya:p

...

Pengertian Pagoda

Dari laman Wikipedia, saya mendapatkan pengertian pagoda adalah semacam kuil yang memiliki atap bertumpuk-tumpuk, bergaya Meru.  Meru merupakan gunung suci dalam kosmologi atau segala hal yang berhubungan dengan alam semesta menurut filsafat Hindu juga dua kosmologi menurut agama Budha, yaitu kosmologi temporal (pembagian keberadaan dunia menjadi empat momen yang berbeda, yaitu penciptaan, rentang waktu, peleburan, dan pelenyapan) dan kosmologi spasial (terdiri dari kosmologi vertikal dan kosmologi horizontal) yang dianggap sebagai pusat alam semesta baik secara fisik maupun metafisik spiritual.  Gunung Meru merupakan tempat bersemayam para dewa, terutama dewa Brahma dan Dewata lainnya.

Pagoda dalam istilah Tionghoa yaitu  (Hanzi : 塔 Pinyin : Tǎ) artinya bangunan bertingkat tinggi layaknya menara. 

Pagoda dapat ditemukan di banyak negara yang memiliki penduduk penganut agama Budha seperti Jepang, Korea, Malaysia, Singapore dan beberapa negara lainnya termasuk Indonesia.

Kamu sudah pernah lihat pagoda secara langsung?

Tahukah kamu, di Semarang ada pagoda Avalokitesvara yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia dan telah masuk dalam catatan MURI (Musium Rekor Indonesia).

Pagoda Avalokitesvara, Semarang Pagoda Avalokitesvara, Semarang (pic : jejak piknik)

Nah, untuk di Palembang, Pagoda yang terkenal berada di Pulo Kemaro.  Pulo Kemaro merupakan sebuah delta kecil yang berada di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera, arah timur dari pusat kota Palembang.

Pagoda Pulo Kemaro Pagoda Pulo Kemaro, SumSel (pic : dokpri- @her.lyaa)

....

Semakin Dekat 

Pagoda pada umumnya terbuat dari kayu, bata atau batu.  Masing-masing memiliki ketinggian tingkat yang berbeda.  Biasanya jumlah tingkatannya ganjil dan memiliki tangga sentral dengan berbagai macam bentuk.

Bersumber dari laman newworldencyclopedia, pagoda terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu  pondasi, bangunan inti dan atap khas yang mencuat ke atas. Sementara sumber dari laman britannica, pagoda juga memiliki bagian ke empat yang terletak di bawah pondasi yakni istana bawah tanah atau disebut juga Istana Naga atau Gua Naga sebagai tempat meletakkan sisa tubuh jenazah Biksu tertinggi yang sudah dikremasi bersama dengan berbagai peninggalan berharga.  

Pagoda biasanya lebih berfungsi sebagai monumen.  Itulah mengapa bagian dalam Pagoda minim ruangan.  Namun dalam perkembangannya, Pagoda dibuat semakin luas untuk digunakan berbagai tujuan/acara keagamaan.

Pagoda Unik di Dunia

Beberapa pagoda yang memiliki arsitektur unik di dunia diantaranya adalah:

1.  Pagoda Linh Phuoc, Dalat Vietnam

Pagoda Linh Phuoc, Dalat Vietnam Pagoda Linh Phuoc, Dalat Vietnam (pic : tripadvisor)

Pagoda desain arsitektur modern terkenal dengan detail mosaik rumit dari pecahan kaca dan tembikar

2. Wat Pha That Luang, Vientiane Laos

Wat Pha That Luang, Vientiane Laos Wat Pha That Luang, Vientiane Laos (pic : google)
 
Stupa berlapis emas merupakan ciri khas dari Wat apha That Luang.  Dengan tinggi 45 meter dianggap sebagai monumen nasional terpenting di Laos.

3. Pagoda Matahari dan Bulan, Guilin Cina

Pagoda Matahari dan Bulan, Guilin Cina pagoda matahari dan bulan (pic : merdeka by @peter stewart)

Pagoda kembar yang terletak di tengah Danau Shanhu (Danau For).  Dikenal dengan pagoda emas dan perak terlihat pada lampu-lampunya yang menyala di malam hari.

4.  Pagoda Chureito, Fujiyoshida, Jepang

pagoda Chureito(pic : Japan guide)

Pagoda yang dibangun dengan tujuan mengenang 960 warga gugur dalam perang selepas tahun 1868 di kota Fujiyoshida.  Pagoda ini semakin indah dengan latar belakang pemandangan Gunung Fuji dan Sakura disekitarnya.

5.  Pagoda di Meidai Zhao, Mongolia

pagoda Mongolia (pic : Meidai stock photo)

Yang menjadikannya pagoda ini terlihat unik adalah susunan batu yang sederhana di hiasi bendera warna-warni.  

Itu hanya beberapa, mungkin ada yang lebih tahu dan bisa nambahin di komentar?

Tunggu! Jangan berhenti dulu membacanya, karena di selanjutnya saya mau membagi pagoda lain yang tidak kalah terkenalnya, yukk disimak :)

Tumbuhan Pagoda

Ada beberapa jenis tumbuhan yang diberi nama pagoda.  Pemberian nama tersebut bisa jadi terkait dengan bentuknya yang menyerupai pagoda sesungguhnya? Yuk kita simak satu persatu.

1. Sawi Pagoda

Sawi pagoda atau disebut juga tatsoi merupakan sayuran yang memiliki bentuknya yang bulat dengan daun bertumpuk mirip dengan pagoda.  Sayuran yang memiliki kandungan senyawa banyak seperti alkaloid,. Kalium, iodium dan zat samak ditambah kandungan nutrisi diantaranya vitamin A, E, K, asam folat dan asam glukosinolat membuat sawi pagoda mengatasi (salah satunya) penyakit gondok.

sawi pagoda (pic : dokpri-@her.lyaa)

Selain itu, sawi pagoda juga dapat digunakan sebagai obat alternatif penyakit tubercolosis (TBC) yang didapatkan dari bagian akar sawi pagoda.

Jika kamu adalah seorang wanita, yang kerapkali merasakan keputihan, mungkin bisa mencoba mengkonsumsi sawi pagoda.  Kandungan antibakterial pada tanaman ini mampu membunuh bakteri jahat di area vital wanita.

Untuk teman-teman yang memiliki gangguan tidur (insomnia) bisa mencoba menumbuk sawi pagoda hingga halus, ambil sekitar satu sendok teh, kemudian di seduh dengan air hangat.  Minum saat sebelum tidur di malam hari.   Rasa nyaman dan dingin membuat tubuh lebih rileks sehingga tidurpun jadi lebih mudah.

Sawi pagoda dapat di konsumsi dengan berbagai macam cara, diantaranya dibuat salad, dikukus atau direbus sebentar,  ditumis termasuk dalam kondisi mentah  dibuat sebagai campuran jus menyegarkan.

2.  Bunga Pagoda

Bunga pagoda dengan namanya Clerodendrum Japonicum biasanya ditanam di taman, pekarangan dan tepi jalan daerah luar.

Bunga Pagoda (pic : biologyonline)

Dengan susunan bunga yang berbentuk pagoda, tinggi tanaman ini bisa mencapai 1-4 meter.  Batangnya dipenuhi rambut halus, berdaun tunggal dengan panjang dapat mencapai 30 cm,  bertangkai,  dan letaknya berhadapan.

Terdapat banyak khasiat pada tanaman ini diataranya adalah bunga pagoda sebagai sedatif dan menghentikan pendarahan.  Akarnya berkhasiat sebagai anti radang, peluruh kencing, penghilang bengkak dan penghancur darah beku.  Daunnya juga bersifat anti radang dan mengeluarkan nanah.

Wah ternyata bukan hanya bunganya yang indah, manfaatnya juga banyak :)

3. Sukulen Pagoda

Sukulen merupakan istilah untuk tumbuhan yang memiliki karakter menyerap dan menyimpan air pada batang utamanya.  Fisik sukulen memiliki kelopak seperti daun.  Berbeda dengan kaktus yang mengganti jaringan daun dalam bentuk duri.  Kesimpulannya semua kaktus merupakan tanaman sukulen, namun tidak semua sukulen adalah kaktus.

sukulen monglow (pic: shoopee)

Beberapa jenis sukulen pagoda yang diminati beberapa saat ini diantaranya adalah sukulen monglow, sukulen crusulla, sansevieria pagoda, Echevarria, dsb

4.  Bonsai Pagoda


mapple jepang ( bonsai Jepang) ; pic balconygardenweb

Bonsai merupakan pelafalan bahasa Jepang untuk penzai merupakan tanaman yang dikerdilkan di dalam pot dangkal yang bertujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar berusia tua di alam bebas.

Perbedaan bonsai berdasarkan ukurannya terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
- raksasa dengan tinggi pohon dari 101 cm
- sangat besar, yaitu tinggi pohon antara 76-100 cm
- besar, dengan tinggi pohon antara 47-75 cm
- sedang yaitu tinggi antara 31-46 cm
- kecil dengan tinggi pohon antara 16-30 cm
- sangat kecil dengan tinggi pohon kurang dari 15 cm

Dalam sejarahnya, menanam bonsai adalah pekerjaan sambilan samurai zaman Edo saat bonsai mencapai puncak kepopuleran.  Sejak zaman Meiji, bonsai dianggap sebagai hobi yang bergaya, namun mengingat pemeliharaannya memakan waktu, seiring waktu penggemar bonsai terbatas pada kalangan usia lanjut.

Produk dengan logo Pagoda

Dengan bentuknya yang indah, kemegahan, kokoh, kekekalan dan bisa jadi banyak filosofi yang mendasari sebuah pagoda, membuat nama pagoda menjadi salah satu bagian dari penciptaan brand sebuah produk.  

1. Permen Pagoda


Masih ingatkah dengan sebuah produk permen yang mengkaitkan nama dan gambarnya dengan pagoda?

Yup, permen pagoda pastiles!  Bisa jadi generasi di jaman sekarang tidak banyak yang tahu mengenai keberadaan permen ini.  Bisa dikatakan permen pagoda pastiles merupakan permen legend.  Untuk kalangan di usia saya, permen ini cukup booming dikala itu.  Dengan rasanya yang beragam memiliki rasa yang bukan hanya manis, dan mungkin sedikit aneh saat awal-awal memakannya, namun memiliki khasiat menyegarkan tenggorokan.  

permen pagoda berbagai rasa (pic : Tokopedia)

Permen yang diproduksi PT Afiat Industri Farmasi pada tahun 1970an dan berjaya ditahun 90an.   Dengan jargonnya "pastiles pasti pagoda" masih dapat ditemukan di masa sekarang di beberapa minimarket dan marketplace.  

Tertarik mencoba?

2. Salep Pagoda

Dengan kemasan sekilas mirip permen pagoda, salep Pagoda juga memiliki gambar dan nama yang diberi nama pagoda.

pagoda salep (pic : shoopee)

Pagoda salep merupakan obat kulit topikal yang diklaim untuk mengobati kriteria penyakit dermatoterapeutika, yaitu pengobatan penyakit kulit dengan zat aktif dan pembantunya sebagai anti bakteri,  anti jamur, keratolitik dan antipruriginosa.

Mudahnya, manfaat dari pagoda salep untuk mengobati gatal ditelapak kaki dan tangan, selangkangan paha, kutu air, panu, kurap dan kudis.

Bisa dikatakan pagoda ada dimana-mana.  Keberadaan pagoda nyatanya memberikan kesan istimewa kepada kita semua dari fisiknya yang menawan.  Bagaimana dengan kamu? Apakah sudah pernah berkunjung ke salah satu Pagoda yang ada di dekatmu?

Pagoda Pulo kemaro
My lovely kiss (pic: dokpri)


*With LOVE,

@her.lyaa

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Kalo yg pagoda kuil, cuma yg di Vientiane laos yg aku prnh liat. Di Jepang sempet ngeliat bbrp pagoda, tp Krn aku ga tertarik wisata bangunan kuil begitu, jd cm liat dr jauh aja. Ga sampe masuk.

    Naaah yg tanaman aku suka bgtttt sukulen Ama bonsainya mbaaa. Cakeeppp iiih :).

    Permen pagoda sempet jaya di zamannya yaaa :p. Aku msh inget tuh iklannya yg dulu :D. Tp aku ga suka permennya. Aneh rasanya.

    BalasHapus

Yuk tinggalkan komentar baik dan cerdas🤗

Terimakasih... 🙏