Si Ketan Hitam, Martabak Istimewa Ramah Kantong

Siapa sih yang tidak kenal dengan cemilan yang bernama martabak manis?  Bahkan di era kekinian toping atau isiannya sudah sangat beragam dan fantastis.  Sebut saja nutella, oreo, toblerone, tiramisu, cappucino, entah apa lagi variannya termasuk isian umum seperti keju, messes, kacang, hingga susu polos. 

Namun pernah gak kamu mengenal martabak isian ketan hitam dengan kombinasi kelapa parut yang gurih dan tentunya manis?

Jadi inget jaman kecil dulu, waktu almarhum kedua orangtua saya cukup sering membeli martabak manis sebagai cemilan sore hari.  Bapak penjual martabak dengan gerobaknya yang mungil dan hanya memiliki 2 pan loyang saja cukup membuat kami antri menunggu giliran mendapatkan pesanan.  Terkadang di saat pelanggan belum ramai, si Bapak mencicil membuatnya beberapa loyang dan meletakkannya di meja gerobak ditutupi plastik tebal bening. Tersedia beberapa isian yang ditawarkan di saat itu yaitu kacang, messes dan ketan hitam.  Namun hanya ketan hitam yang selalu menarik perhatian saya. Jika kacang dan coklat messes bisa saja sudah tersedia, tidak seperti ketan hitam yang dibuat setelah ada yang memesannya. Hingga akhirnya muncul penjual martabak Bangka yang menjadi populer lambat laun  menenggelamkan keberadaan martabak manis ketan hitam

Martabak manis isian ketan hitam merupakan martabak khas padang, itu yang saya tahu.  Mungkin dikarenakan penjual martabak yang saya temukan sejak kecil adalah orang padang, tidak dengan martabak manis lainnya.  Ditambah isian yang bisa saja variatif, namun tekstur, rasa dan ukuran berbeda dengan martabak manis pada umumnya yang sering dikatakan martabak bandung apalagi jika dibandingkan dengan martabak bangka yang terasa lebih tebal mengembang.

Martabak ketan hitam memiliki diameter yang lebih kecil, tekturnya tidak terlalu mengembang, bahkan bisa saya katakan sedikit bantet.  Mungkin karena itulah menjadi pas dengan kombinasi ketan hitam dan parutan kelapa ditaburi gula pasir sehingga rasa manis gurih menjadikannya istimewa.

martabak ketan hitam - herlyaa.com
Penampakan martabak ketan hitam - dokpri


Tidak seperti isian lainnya yang sudah tersedia dan bisa langsung digunakan sebagai toping, si ketan hitam harus diolah dulu sebelumnya yaitu dengan merendamnya hingga lebih dari 3 jam, kemudian dilakukan pengukusan dengan campuran air garam dan pandan hingga empuk barulah siap digunakan. Sementara kelapa parut yang digunakan mestilah kelapa parut dengan kondisi masih muda dan baru agar martabak yang dihasilkan gurih, manis dan tidak asam apalagi apek.  Dengan alasan inilah, jika isian ketan hitam sulit jarang ditemukan bisa jadi karena ketidakpratisan dijaman serba instan seperti sekarang.

Lama tidak berjumpa si ketan hitam kemudian bertemu gerobak bertuliskan martabak ketan hitam di daerah lemabang-Palembang membuat saya menjadikannya tempat langganan jika sangat ingin menikmatinya. Sesekali saya memesan tanpa kelapa parut untuk menikmati rasa asli ketan hitam. Tidak perlu merogoh kocek cukup dalam.  Harga setiap loyang rata-rata dibanderol di angka 13 ribu hingga 15 ribu rupiah saja. Cukup ramah kantong kan? 

Penjual Martabak Ketan Hitam di daerah lemabang, Palembang

Bukan hanya itu, kandungan nutrisi dari ketan hitam yang mengandung zat besi, protein, karbohidrat, serat, dan vitamin E baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh seperti menunjang daya tahan tubuh, melawan kanker dan penyakit jantung, menjaga kesehatan pencernaan hingga mencegah anemia.

Istimewanya martabak ketan hitam.  Rasa enak, perut kenyang, badan sehat ditambah tidak buat kantong bolong :)

*With LOVE,

@her.lyaa

Posting Komentar

14 Komentar

  1. Belum ketemu sama martabak ketan hitam. Rasanya pasti enak banget. Lah aku makan ketan hitam campur es susu dan tape sudah sangat nikmat. Apalagi martabak ketan hitam.

    Dulu kalau buka lahan kebun sonor (padi darat) pastilah orangtua bakal tanam juga ketan hitam. Sekarang ketan itam dah langkah. Walaupun ada ya pastilah mahal.

    BalasHapus
  2. Aku salah satu penggemar ketan hitam si Mba, tapi menu nya ya bubur kalo gak makan lemang. Untuk martabak baru denger dan pengen nyobain.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah umi pagi-pagi aku udah digoda (((DIGODA))) sama martabak kayak gini hahaha. Btw, dulu aku termasuk yang nggak suka sama ketan hitam. Tapi, ada satu langganan es puter yang pake itu dan pas icip eh enak hwhw. Sekarang malah suka ketagihan dan kalau nemu ketan hitam di makanan lain langsung lahapp happpp.

    BalasHapus
  4. Super duper kenyang umi, ahahaha udahan martabak ngenyangin, pakai ketan pula...

    Tapi maaf, favoritku tetap keju coklat hahaha

    BalasHapus
  5. belinya di mana ini umi..? martabak item itu yg molly tau martabak kang anan, tp gak tau itu beneran dari ketan item atau pewarna doang, pernah nyobain soalnya tp gak tau itemnya drmn. duh ngiler kan? jadi pengin pesen juga.

    BalasHapus
  6. Wah belum pernah nyoba. Selama ini favoritnya keju, atau keju-jagung manis. Martabak manis dengan isi ketan hitam ini kelihatannya menarik dan enak, asal jangan kemanisan aja. Swear mau coba ah.

    BalasHapus
  7. Kalo soal martabak manis kayanya ga berani mencoba sesuatu hal lain, pasti mesennya selalu martabak keju susu hahaha

    BalasHapus
  8. Aku salah satu yang suka banvet ketan hitam. Dari dulu makan di es hongkong sampai makan biasa. Pas ada martabak ketan hitam kok aku belum pernah nemu ya. Patut divoba kayaknya ini.

    BalasHapus
  9. Owalah iya yah mbak kalo martabak isi ketan hitam dari Padang? Baru tau saya haha

    Selama ini cuman menikmatinya aja tanpa tau asalnya dari mana. Makan martabak itu enaknya pas musim hujan gini, adem-adem nyemil kudapan anget uihh sedap :D

    BalasHapus
  10. Sepertinya enak yah Mbak martabak ketan hitam di atas, letaknya pun dekat dengan tempatku kerja. Kapan-kapan beli ah!

    BalasHapus
  11. Aku bilangnya martabak ketan hitam ini sebagai martabak kampung karena dulu ada jualannya di pasar kampungku. Sampe sekarang suka nyari martabak ketan ini ketimbang beli martabak manis cokelat. tapi tetep harus ingat kalori. sepotong 200 kalori wkwkwk

    BalasHapus
  12. dulu mamaku langganan beli ini tapi semenjak pindah rumah, jadi mager karena lokasinya jauh :')

    BalasHapus
  13. duhh... udah lama ga makan martabak ketan gini, enak sih.. tapi lagi jaga badan haha biar ga gede banget

    BalasHapus
  14. Aku paling suka bnger martabakkk aaaa... apalagi kalo dikasih dari sini hihi

    BalasHapus

Yuk tinggalkan komentar baik dan cerdas🤗

Terimakasih... 🙏